Galleries

Nusa Lembongan – Nusa Penida ( BALI )

Nusa Lembongan

Pulau kecil yang terletak berdekatan dengan Nusa Ceningan dan Nusa Penida di sebelah tenggara Pulau Bali. Lembongan banyak menawarkan tempat wisata menarik seperti pantai berpasir putih, goa alam maupun buatan, tebing dan lainnya.

Dari Sanur bisa ambil penyeberangan menuju Lembongan dengan biaya Rp. 75.000 – Rp. 100.000 per orang. Lama penyeberangan kurang lebih 1 jam.

Sesampainya di Lembongan, transportasi yang di rekomendasikan yaitu motor. Sehingga mudah mencapai jalan-jalan yang sempit atau rusak.

Hutan Mangrove Nusa Lembongan

Selain keindahan bawah laut, Lembongan juga menawarkan keindahan hutan mangrove yang memikat. Kita bisa masuk ke hutan mangrove dengan menggunakan perahu tradisional milik nelayan yang bisa diisi 6-7 orang.

menikmati hutan bakau
menikmati hutan bakau

IMG_20170420_113614

IMG_20170420_112639

dan bermuara ke laut
dan bermuara ke laut

Yellow Bridge

Jembatan kuning ( Yellow Bridge ) karena memang berwarna kuning. Jembatan yang jadi penghubung Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan ini bukan sekedar penghubung, namun menjadi ikon wisata.

Jembatan ini hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki atau kendaraan beroda dua. Banyak wisatawan yang mengantri untuk mengambil gambar dengan latar belakang jembatan ini karena iconic atau hanya sekedar menikmati pemandangan sekitar, nelayan berlalu lalang dengan perahunya dan jernihnya air dibawah jembatan ini.

IMG_20170420_142123

Goa Gala-Gala

Goa Gala-gala merupakan rumah di bawah tanah yang dibangun oleh Mangku Byasa selama kurang lebih 15 tahun.  Goa Gala-gala ini dibangun untuk tempat meditasi. Ada beberapa lubang untuk masuk kedalam dengan akhir perjalanan di lubang yang lain. Mengagumkan karena goa ini dibangun dengan hanya bermodal peralatan yang sederhana.

IMG_20170420_133148

IMG_20170420_133637

GoaGalaGala2.

GoaGalaGala1

20170420_134714

Beberapa bagian di goa ini mengharuskan kita menunduk karena bangunannya yang pendek. Pencahayaannyapun ada yang lebih gelap walaupun ada lampu penerangan di dalamnya.

Blue Lagoon

Teluk berbatu dengan air berwarna tosca yang cantik dengan deburan ombak yang cukup keras menyapu. Kami cukup menikmatinya dari ketinggian yang cukup sehingga terlihat tanpa batas keindahan blue lagoon.

IMG_20170420_144246

IMG_20170420_144002

Nusa Penida

Kurang lebih 30 menit menyeberang menuju Nusa Penida dari Nusa Lembongan, kita akan disuguhkan hawa yang sejuk dan sangat-sangat desa dibandingkan dengan Lembongan. Tujuan wisata di Penida terbilang jauh dari satu tempat ke tempat lain, hanya saja memang wisatanya sungguh memanjakan mata.

Broken Beach

Broken beach menjadi menarik karena tebingnya yang bolong dan seolah membelah laut menjadi dua bagian. cantik luar biasa dengan warna laut dan langit yang senada.

IMG_20170422_133122

 

IMG_7865

sisi lain dari broken beach
sisi lain dari broken beach.

Disini juga merupakan Manta Point, dimana di waktu-waktu tertentu Manta akan terlihat disini.

Kelingking Beach

Daratan tebing kehijauan yang menjulur membelah laut menjadikan viewnya sangat luar biasa.

 

kelingking beach dari ketinggian
kelingking beach

DCIM100MEDIA

Crystal Bay

Perjalanan ke Crystal Bay  tidak begitu bagus, jalan yang sudah diaspal banyak yang bolong dan berbatu-batu sehingga harus hati-hati dan tidak bisa dengan kecepatan penuh. Namun akan terbayar setelah sampai di pantai ini.

Pantai ini sudah cukup ramai dan komersil. Namun, tidak mengurangi keindahannya. Sekedar menghabiskan waktu menikmati angin di pinggir pantai, berenang atau snorkeling bisa dilakukan disini. Untuk snorkeling tidak perlu ke tengah laut untuk menemukan spot, bisa dimulai dari pinggir saja sambil berenang ke arah tengah laut, sudah bisa ditemukan berbagai macam jenis dan warna penghuni bawah laut. Cantik dan mengagumkan. Karena ombak cukup tinggi, maka harus tetap hati-hati agar tidak terbawa arus lebih ketengah laut.

Kita bisa membawa roti atau biskuit untuk memberi makan ikan-ikan saat snorkeling. Jika tidak membawa alat snorkeling, disana juga disewakan alat-alatnya.

IMG_20170422_095953

IMG_7812

IMG_7809

atau bisa juga menikmati keindahan Crystal Bay dari atas perahu, yang akan membawa kita ke tengah laut.

Angel Billabong

Angel Billabong berada di antara bebatuan dan tebing, sehingga membentuk seperti kolam alami. Batasannya langsung dengan laut sehingga deburan ombak kadang menyapu kolam alami ini. Tetap harus waspada karena ombak yang cukup kuat. IMG_7869

Saat turun ke kolam ini, harus hati-hati karena struktur batu karang yang tajam bisa melukai kaki atau tangan kalian. Dan diusahakan tidak berenang mendekati laut lepas, karena takut terseret arus.

kolam renang alami
kolam renang alami

Goa Giri Putri

Perlu sedikit menuruni tangga dan menunduk untuk memasuki Goa Giri Putri, seperti filosofi manusia yang harus menunduk di hadapan Yang Maha Penciptanya. Saat masuk kita diharuskan menggunakan kain sebagai penutup.

pintu masuk goa giri putri
pintu masuk goa giri putri

Didalamnya bisa kita rasakan aura yang beda. Goa ini biasa dijadikan tempat untuk sembahyang, terutama di hari-hari besar.

IMG_8112

IMG_20170423_111947

IMG_8120

Tempat sembahyang ini juga dihiasi oleh ornamen yang berwarna merah, seperti naga dari kertas merah, lampion merah, terdapat juga patung dewa-dewi khas China.

Di goa ini memang dijadikan tempat sembahyang bagi Budha dan Hindu. Dari sini terlihat bagaimana harmoni dan suasana saling menghargai dan keharmonisan antara dua kepercayaan yang berbeda terwujud dalam satu tempat yang indah ini.

IMG_20170423_112722

Pintu keluar goa ini tidak seperti pintu masuk, cukup besar dan terdapat pintu. Sebelumnya, kita bisa juga masuk dari pintu belakang ini, tetapi sekarang pengunjung baik wisatawan maupun warga yang hendak sembahyang, harus masuk dari pintu masuk (lubang) dari pelataran pura agar tidak jalur keluar masuk orang lebih teratur. Pintu masuk dan jalan di goa ini dipercaya juga seperti mitologi kehidupan manusia, mulai keluar dari rahim, lalu berjalan merangkak dan kemudian kita dewasa dan bisa berjalan dan berdiri tegap.

pintu dan tangga keluar
pintu dan tangga keluar

Dari perjalanan Nusa Lembongan – Nusa Penida ( Bali ) ini, didapat tidak hanya laut saja, mangrove, goa dan sentuhan keagamaan serta perjalanan darat dengan menggunakan motor pun menjadi story tersendiri di pulau ini.

So, ke Bali makin banyak pilihan kan, selamat menikmati liburan :)