Malaysia

Perjalanan ini terjadi justru karena terpaksa, ya terpaksa yang menyenangkan. Terpaksa pergi ke Malaysia untuk nonton konser Maroon five di tahun 2012 karena tidak kebagian tiket show yang di Jakarta. Dan karena ke-impulsive-an saya dan teman-teman, akhirnya terbanglah kami ke negeri tetangga serumpun itu.

Twin Tower – Petronas

petronas twin tower
petronas twin tower

Di waktu yang tidak banyak ada di negara tetangga, saya sempatkan untuk melihat bangunan kebanggaan Malaysia – Twin Tower Petronas. Keren. Mewah. Membanggakan.

Bangunan yang menjadi ciri khas dari Malaysia ini merupakan bangunan yang pernah menjadi tertinggi di dunia sebelum dibangunnya Taipei tower. Ada jembatan penghubung antara kedua bangunan ini di lantai 41 – 42.

Di hari selanjutnya, pergilah saya ke Batu Caves
Merupakan batu kapur yang dijadikan tempat ibadah bagi orang India yang mayoritas beragama Hindu.
11

10
tempat ibadah
patung dewa
patung hanoman

Terdapat pula patung dewa Hindu yang merupakan tertinggi di dunia.

patung dewa Murugan
patung dewa Murugan

Kita bisa naik ke area yang lebih tinggi dengan menaiki anak tangga yang banyak. Harus ekstra tenaga dan air minum agar tidak dehidrasi, apalagi disana cuaca panas terik, walau udaranya cukup sejuk.

anak tangga menuju area yang lebih tinggi
anak tangga menuju area yang lebih tinggi

 

Sesampainya di area yang lebih tinggi, saya disuguhi oleh gua besar dan tinggi dimana disana juga terdapat tempat untuk memuja dewa-dewa mereka.

goa di puncak
goa di puncak

 

Genting Skyway,

Terletak di Genting highland, dimana merupakan tempat wisata seperti Dufan-nya Jakarta. Terletak di daerah pegunungan, sehingga cukup jauh dari kota. Bisa menggunakan kendaraan pribadi, MRT ataupun bus yang langsung masuk ke area Genting highland. Saya memutuskan untuk naik bus menuju kesana.

tiket bus dan cable car
tiket bus dan cable car

Bagi yang punya ketakutan akan ketinggian, ini cukup bikin deg-degan, tapi sungguh menyenangkan naik Skyway ini. Genting Skyway merupakan cable car yang berjalan dari satu puncak ke puncak lain di Genting. Ini merupakan cable car terpanjang se Asia.

19

Dari ketinggian saat cable car naik, akan terlihat hijau disekitaran dan makin terasa hawa dingin di puncak.

21

Sesampainya di puncak one way perjalanan saya dengan cable car ini, terdapat kasino tempat berjudi.

22

Selama di Malaysia, saya menggunakan transportasi MRT ataupun bus. Disana, tidak boleh makan ataupun minum saat di bus. Untuk MRT juga tepat waktu, Indonesia masih harus banyak belajar.

tiket MRT
tiket MRT

MRT yang jadi pilihan banyak orang disana juga rapi, bersih namun tidak terlalu padat seperti di Indonesia.

walau ramai, tapi tidak berdesakan
walau ramai, tapi tidak berdesakan

MRT datang sesuai jadwal, tidak perlu menunggu lama apabila ketinggalan keberangkatan sebelumnya.

keretanya bersih, nyaman dan on time.
keretanya bersih, nyaman dan on time.

Tapi, biar bagaimanapun semrawutnya Jakarta – Indonesia, tetap akan buat saya kangen pulang. Perginya ke negara tetangga manapun, baiknya dijadikan waktu untuk bisa belajar untuk lebih santun, lebih baik dan sadar bahwa kita tetap harus jaga kampung halaman kita.

Love Indonesia