Liburan sehat di BSP Farm

Liburan  dengan budget minimal tanpa harus melakukan perjalanan panjang keluar pulau.  Kurang lebih 1,5 jam dari Jakarta, tempat ini ada di Cigombong – Bogor.

Menuju BSP Farm.
Saya memulai perjalanan dengan kereta dari stasiun Paledang – Bogor dengan sebelumnya memesan tiket menuju Cigombong. Perjalanan hanya melewati 3 stasiun sebelum akhirnya sampai di Cigombong.

Dari Stasiun Cigombong, saya melanjutkan perjalanan dengan ojek kurang lebih 15 menit perjalanan. Untuk harga mulai 25-35ribu per perjalanan.

BSP Farm.

1


BSP Farm jadi salah satu pilihan berlibur yang hemat dan sehat.
BSP Farm merupakan kebun organik seluas 40 hektar, pemiliknya Bapak Budi S Pranoto merubah perkebunan konvensional menjadi organik hingga saat ini. Dengan memberdayakan petani di sekitar lahan.

12

Tempat ini juga sering didatangi mahasiswa untuk melakukan penelitian. Selain itu juga, komunitas yoga biasa melakukan kegiatan disini, memang tempatnya nyaman dan cukup tenang. dengan suasana sejuk dan pemandangan yang masih hijau.

Kegiatan di BSP Farm.
Di BSP Farm, saya diajak untuk berkeliling perkebunan sambil  menikmati sunrise, mendapatkan cerita dan ilmu tentang alam dan organik. Saya diajak melihat proses membibit, melihat kebun sayur, bunga, kopi dll.

2 3 4
Selain berkebun, saya juga diajak berjalan-jalan melihat penangkaran Elang disana, melewati sungai dan hutan pinus.

8

Elang yang ada disini dilatih dan nantinya akan dilepas ke alam bebas.

Sajian BSP.

Makanan yang disajikan diambil langsung dari kebun, buah maupun sayur, bahkan kopi.

5

Selain berlibur dan menikmati alam, saya diajarkan bagaimana siklus hidup.  Dari alam kita bisa mengambil manfaat tetapi jangan hanya mengambil ekonomisnya saja, tetap harus balance manusia dan kehidupannya, agar semua bisa berkesinambungan.

6 7 1110

Hargai alam, maka alam akan melindungi kita.

 

 

Leave a Reply