Batu Malang

Bukan kali pertama menginjakkan kaki di Malang, kali ini dengan versi yang berbeda.

Batu Malang #day1
Perjalanan kami dimulai dari menikmati bakso bakar president yang sudah terkenal.

bakso bakar president

Cukup buat kami merasa segar kembali setelah penerbangan yang kurang nyaman saat keberangkatan. Bakso disini banyak macamnya. Letaknya yang persis di pinggir rel kereta menjadi salah satu keunikan tersendiri menikmati bakso sebelum kami melanjutkan perjalanan berikutnya.

Wisata Edukasi

Wisata edukasi tidak selamanya membosankan, bagi saya yang terbilang bukan lagi anak sekolah, sangat menyenangkan untuk melakukan wisata edukasi dan juga menyambangi museum. Kali ini beberapa tempat yang bisa juga jadi alternatif bagi teman-teman yang ingin membawa anak dan keluarga untuk wisata yang pintar.

Museum Tubuh Bagong Adventure

Berlokasi di kawasan Batu – Malang, tempat ini ada di area Jatim Park. Museum ini mempelajari tentang tubuh kita dan bagaimana cara kerjanya, tidak lupa dilengkapi dengan alat peraga seperti aslinya.

IMG-20151113-WA0074

Saat masuk pertama, kita akan masuk ke area mulut dan diakhiri dengan bagian otot.

menuju hidung dan saluran pernafasan

Masuk ke area pembuluh darah

Kita bisa belajar bagaimana cara kerja bagian-bagian tubuh kita dan bertanya kepada guide yang memang mereka berpendidikan kesehatan, sehingga kita bisa bertanya lebih dalam lagi kepada mereka.

IMG-20151113-WA0067
menggunakan alat peraga kursi dokter gigi

Di sana juga ada alat peraga dan penjelasannya agar pengunjung bisa jelas mengenai fungsinya, adanya guide juga sangat membantu kita mendapatkan informasi lebih. Sekedar informasi, guide yang bertugas disana memang benar-benar sesuai dengan jurusannya,

20151112_120935
layar ini menjelaskan tentang cara kerja otot pada tubuh kita

Museum Satwa

Museum Satwa menjadi tujuan wisata edukasi kami selanjutnya. Museum yang ada di area Jatim Park ini memang menjadi salah satu tujuan yang menarik untuk belajar. Saat pertama masuk, bangunan yang bercat putih ini dengan pilar-pilar tinggi terlihat seperti white house di Amerika.

look like white house

Saat masuk, kami disuguhkan dengan pemandangan seperti ditaman. Ada sangkar burung raksasa dimana kita bisa masuk dan berfoto.

sangkar burung raksasa

20151112_132504

lukisan istana

Dalam ruang selanjutnya kita disuguhkan oleh fosil raksasa dinosaurus yang super keren.

fosil Dinosaurus

Juga dipamerkan diorama beberapa hewan di sisi ruang, dilengkapi dengan pencahayaan yang cantik sehingga terkesan hidup.

20151112_133449

20151112_133500

Museum yang tenang dengan mempertontonkan beraneka ragam hewan bahkan yang sudah punah.

fosil mammoth

Bukan hanya hewan-hewan besar, disini juga dapat kita jumpai beberapa jenis insect.

menuju insectarium
beautiful butterfly

Batu Secret Zoo

Dengan tiket terusan yang kami beli, kami bisa memasuki wisata Museum Tubuh, Museum Satwa dan terakhir Batu Secret Zoo.

Untuk Batu Secret Zoo sudah pernah saya ulas sebelumnya http://www.retnohariarti.com/blog/2014/10/30/batu-secret-zoo/

Inggil Museum Resto

Inggil Museum Resto merupakan resto yang juga dijadikan museum karena di dalamnya juga terdapat beberapa barang-barang yang unik. Diawal kita memasuki resto museum ini, kita disuguhi foyer dengan berbagai macam topeng.

foyer

Beberapa barang pada zamannya pun di pajang disana.

Mesin Jahit dan mesin ketik jaman dulu

telepon fix line

Radio

cetakan kain

Yang menarik bagi saya adalah saya menemukan lempeng besi dan setelah saya cermati detailnya, ternyata itu adalah cetakah untuk membuat kain. Untuk makanan di sini juga terbilang enak dengan masakan rumahan.

cah kangkung dan teman-temannya

Puas menikmati makan besar, kamipun melanjutkan perjalanan di hari yang makin gelap. Tujuan kami selanjutnya adalah tempat ngopi dan kamipun menyambangi tempat kopi yang sudah kami rencanakan sejak di Jakarta.

Java Dancer Coffee

Tempat yang tidak terlalu besar, namun cukup nyaman untuk menikmati kopi dengan.

20151112_183616

Sulawesi toraja menjadi pilihan saya, penyajian dengan french press.

Tidak cukup dengan kopi, malam ini pun kami lengkapi dengan mencari jajanan yang terkenal ramai di alun-alun.

Ketan Susu Legenda

Pos ketan susu legenda yang terdapat di alun-alun kota batu ini cukup terkenal dan ramai. Sesampainya kami disana, saya takjub dengan antrian yang semakin malam semakin mengular. Selain ketan susu, di alun-alun banyak juga menjajakan makanan ringan lain seperti sosis bakar dan ceker ayam.
20151112_211343

20151112_212025

ketan susu dengan toping kacang ditemani wedang secang menjadi pilihan saya sebagai penutup malam ini.

Batu Malang #day2
Dihari ke-2, kami melanjutkan explore Malang. Pagi-pagi kami berangkat menuju ke ketinggian.

Omah Kayu
Tempat wisata dimana kita bisa merasakan paralayang atau sekedar menikmati pemandangan Malang dari ketinggian. Omah kayu berarti rumah kayu yang di buat di atas pohon. Perjalanan kami dimulai dari berjalan kaki kurang lebih 20 menit atau bisa juga menyewa ojek dengan biaya sekitar Rp. 15.000.

20151113_083428

Selamat datang di Omah Kayu

Cukup dengan Rp. 5000 untuk tiket masuknya. Bagi yang ingin menginap atau bermalam di Omah Kayu juga bisa, untuk 1 Omah Kayu cukup untuk 2-3 orang.

registrasi terlebih dahulu

jalan setapak menuju omah kayu

Bambu-bambu untuk kenyamanan jalan setapak agar tidak licin.

And finally…. we are on highest

inspiring
Malang dari ketinggian
Batu Malang dari ketinggian

Puas dengan bermain-main di ketinggian, kami kembali lanjut menuju …

Museum Transportasi

fuel station

london

kampung betawi

Terlalu menyenangkan berada di Museum Transportasi, banyak hal yang bisa kita lihat dan kagumi disana dengan suasanya yang berbeda-beda pula.

Makan siang yang sudah terlalu sore kami di Toko Oen yang sudah melegenda di Malang. Selain roti, ada juga makanan berat dan tentunya ice cream.

Toko Oen

Malang #day3
Pantai Balekambang

Berada di paling selatan Malang, cukup menyita waktu perjalanan kami. Kurang lebih 3 jam dari kota Malang. Tentunya terpuaskan dengan pemandangan yang luar biasa menawan. Terdapat pura di tengah laut yang dilengkapi jembatan untuk wisatawan yang ingin menuju ke pura tersebut.

Balekambang

Pura Balekambang

balekambang

20151114_104154

Dan pantai Balekambang menjadi akhir dari liburan Batu Malang kali ini.  Semoga masih ada kesempatan dan rezeki untuk bisa kembali dan atau menikmati keindahan Indonesia dari sudut lain.